Monday, September 04, 2006

Cara kirim uang ke Indonesia

Bingung cara kirim uang?
Dari pengalaman warga Permias Hawaii, ada beberapa cara mengirim uang ke Indonesia.

Satu, menggunakan Paypal. Buka saja http://www.paypal.com/ buat account dan ikuti petunjuknya. Tapi, cara ini ternyata tidak berlaku untuk kiriman ke Indonesia karena tidak termasuk dalam daftar negara yang bisa dikirimin uang via paypal

Kedua, melalui antar bank. Kita masukkan formulir permohonan pengiriman uang melalui bank kita di Hawaii ke account di bank si calon penerima di Indonesia. Untuk prosedur ini jangan lupa mencantumkan kode SWIFT bank penerima, kode bisa di cari di www.swift.com. Biayanya tergantung banknya. Untuk American Savings bank sebesar US$ 35 untuk kiriman dibawah US$5000 selebihnya kalau tidak salah US$60. Sementara bank di Indonesia bisa saja menarik biaya lagi atau tidak (tergantung banknya) dan biasanya mereka/bank di Indonesia langsung konversikan dollar ke rupiah pada hari kiriman itu tiba di bank bersangkutan. Waktu tiba relatif cepat rata-rata 1 hari kerja.

Ketiga, pake Western Union, ongkosnya lumayan sih tergantung jumlahnya. Nanti yang di Indonesia tinggal ngambil ke bank di mana WU punya agen, seperti misalnya BII. Dari pengalaman warga mengirim via WU online lebih mahal daripada langsung ke agen (Foodland, Safeway, etc).

Keempat, kirim lewat website (misal: sendfast.net) dan bisa kirim langsung ke salah satu bank di Indonesia.

Kelima, kirim pakai MoneyGram melalui cabang mrk (jangan lewat online); process pengiriman mrk mirip dgn WU. Menurut pengalaman warga ini yang paling murah.

Alternatif lain, ini bisa jauh lebih murah tapi juga bisa merepotkan orang lain yaitu dengan cara nitip sama teman yang pulang...Ini kebiasaan orang-orang yang ingin lebih praktis dan gampang saja.

2 comments:

Alec said...

Hello hello bagi pembaca permias Hawaii atau anyone yang tinggal di Hawaii, saya ingin share pengalaman saya mengirim uang ke Indo dari Hawaii.
Paling gampang menurut saya dan juga yang paling murah adalah melalui sendfast.net (http://www.sendfast.net)

Dgn sendfast.net, kiriman kita langsung masuk ke rek. penerima di Indo TANPA ada biaya apa2 lagi. Kita hanya membayar 1 biaya transfer yg menurut saya murah krn nilai tukar yg kita dapat dr Sendfast juga lebih tinggi dp kalau kita ngirim melalui Bank, western Union, paypal atau pun MoneyGram!!!!

Cara paling mudah: Menggunakan BILL Pay dari Bank kita. Maksud saya, kalau anda2 memiliki rek. di salah satu Bank di Hawaii atau Bank mana saja di US, kalau kalian ke online bankingnya SELALU ada BILL Pay.
Kita hanya perlu melakukan set up 1kali aja yaitu melakukan set up supaya Bill Pay dr Bank kita bisa mengirim duit kita ke SENDfast.net.
Berikutnya, setiap kali kita ingin mengirim ke Indo, kita login ke online Banking kita, select Sendfast dan isi jumlah yg akan di kirim, click Submit Bill Pay dan otomatis Bank kita akan kirim duitnya ke sendfast.net.
Dgn cara ini kita nggak perlu ngantri!! asyik!! we can do it either from our home or computer lab no matter when uang kita akan di kirim oleh bank kita ke sendfast.

Selanjutnya Sendfast akan mengirim uang kita ke Bank penerima di Indo
Jadi, kita harus register dulu di sendfast.
Kemudian, kita isi formulir elektronik dr web site Sendfast itu, basically kita masuk kan jumlah yg akan kita kirim (sama spt yg kita tulis di Bill Pay), nama penerima, nomer rekening, nama Bank penerima nama cabang Bank penerima, alamat dan no telpon penerima, that's it!!!

Semua di lakukan online kan? kirim duit dr rek kita di Bank Hawaii k sendfast, Online. Info penerima kita masuk kan ke sendfast juga online, selanjutnya kia serah kan ke dua companies ini (yaitu Bank kita dan sendfast) yg menangani transfer duti kita ke Indo.

Biasanya dalam waktu less than 4 days duit udah masuk ke rek. penerima di Indo. Agak lama dikit tai convenient, murah, nggak perlu ngantri dan VERY SAFE krn setiap kita submit request melalui internet kita dpt tanda terima. Baik dr Bank kita di Hawaii maupun sendfast. Khabarnya Sendfast ini sdh melayani jasa pengiriman ini sejak 2003 dan sdh banyak dr alumni sudent di Hawaii yg memakai servis ini. Gua sendiri udah memakai jasa ini berkali kali.

Sendfast memiliki 2 program: Program Ekonomi, harga transfer cuma $10. Kirim antara $1 sampe $500 cuma $10. Kalau kirim diatas %500 sampe $999 cuma $16.

Sedangkan Program Classic dikit lebih mahal tetapi kita mendapat nilai Tukar persisi seperti yang sedang berlaku di Indo. Saya udah nyoba program ini juga, lebih worth memakai program Classic, masih lebih murah dp memakai Western Union Or Bank. Mengirim sampe $250 cuma $16, setiap naik $250 biaya hanya naik $5. Paling asyik, kalau sering ngirim memakai program ini, setiap ngirim 10 kali, yg ke 11 kali dapat diskon $10. Jadi kalau kiriman ke 11 biayanya $21 kita cuma bayar $11

By default, setelah register di http://www.sendfast.net kita masuk ke program Classic. Kalau suka memakai Program Ekonomi send email to info@sendfast.net beritahu di email kalau kamu mau memakai Program Ekonomi instead ok? or kalau mau di layani cepat telpon aja ke 443-538-1310 customer servis nya ngomong bahasa Indonesia! semoga deh ocehan gua ada gunanya! good luck guys! Regards, Mega

Unknown said...

Hello! ingin share dikit tentang pengalaman mengirim duit melalui sendfast.net. Cukup memuaskan dan nggak rumit sih. Yang belum pernah harus nyoba.